Senin, 30 Desember 2019

2019: Benar, Aku Sungguh Sudah Ikhlas


Tahun tak lain hanyalah deretan angka. Untuk memudahkan perhitungan terhadap waktu. Untuk memudahkan mengingat periode kejadian. Setelah di 2018 kita belajar akan suatu hal, maka di 2019 lebih memantapkan. Sungguh. Dari yang awal ragu untuk melepaskan akan semakin yakin untuk mengikhlaskan. Dari yang awalnya takut untuk pergi, menjadi semakin berani untuk meninggalkan. Dari yang awalnya suasah melupakan, menjadi semakin ikhlas merelakan.

Memang, di tahun ini kita semakin menyadari bahwa memang yang bukan milik kita tidak akan menjadi milik kita. Pekerjaan, tempat kuliah, cita-cita, bahkan perihal seseorang. Namun sebaliknya, akan semakin diarahkan di mana dan siapa saja yang akan menjadi milik kita. Sebahagia itu. Merelakan semua yang terjadi sesuai jalan Tuhan.

Terima kasih, 2019. Sungguh, aku sudah sangat ikhlas melepas. Aku sudah sangat rela pergi. Dengan ringan hati memaafkan. Ingatan akan tetap ada. Potongan cerita akan selalu ada. Setidaknya akan menjadi makna, akan menjadi apa kita selanjutnya. 

Semoga saja, segala lelah terbayar esok. Jika perlu, beristirahatlah. Tidak ada yang terlambat. Jangan tergesa. Kita semua sesuai porsinya. Terima kasih diri, sudah cukup kuat dan hebat sampai hari ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar