Selasa, 04 Maret 2014

Lewat Kurkumin, Aku Menemukan Kehidupan Lainnya

Alhamdulillah, bersama Mbak Iqlima dan Mbak Dwi berhasil masuk dalam deretan 10 besar finalis Scripta research Festival 2014. Sumpaaaaahhh acara ini gilaaaa banget! keren! di mana kita ketemu sama temen - temen fakultas kesehatan se Indonesia. tahu tentang berbagai macam penyakit, permasalahannya, dan tentunya cara mengobatinya.

sebagai tenaga ahli kesehatan, di sinilah ngerasain jiwa seorang farmasis itu diperlukan. seperti yang kita tahu, bahwa kanker (yang menjadi topik tahun ini) hanya dapat disembuhkan dengan kemoterapi. dan seperti yang kita ketahui bersama bahwa kemoterapi atau radioterapi menimbulkan banyak sekali efek samping.

seperti yang ada di gambar ini. anak ini awalnya jatuh saat bermain bola, kemudian ia pikir hanya luka biasa, hingga ia merasakan sakit yang amat sangat sakit dan pembengkakan di kaki kanannya.

lalu ibunya membawanya ke dokter dan ternyata ia terkena leukimia. awalnya anak ini malu untuk bertemu kami, ia pikir ia lah orang yang paling tidak beruntung, ia lah orang yang paling kasihan. namun, melalui pendekatan dan teman - teman yang memiliki cerita sama dengannya, ia kembali percaya diri.


lewat mereka, aku belajar banyak hal. bahwa hidup itu tak seperti apa yang kita tuliskan. kita hanya punya proposal akan hidup kita. kita hanyalah perencana akan kehidupan kita. lalu, proposal itu melalui banyak revisi, hingga disetujui dan dilaksanakan menurut apa - apa yang digerakkan dari atas. ya, Dia.



bahwasannya tak cukup aku mengasihani diriku sendiri yang merengek berucap lelah karena capek mengerjakan tugas, laporan, atau bermain. tak layak untukku mengeluh atau berkeluh kesah. tk layak untukku pula saat aku hanya mendapatkan nilai tinggi namun aku tak bisa berbuat apa - apa bagi orang lain.

"Sebaik-baik manusia ialah yang memberi manfaat kepada orang lain." 

( H.R Al-Baihaqi ) 

cukuplah untukku apa - apa saja keluh kesah selama ini. hanya untuk memulai suatu yang kecil. Rabb, mungkin hanya lewat tulisan aku dapat mengubah dunia. mungkin hanya lewat tulisan fiksi dan penelitianku yang tak seberapa ini aku mampu dan aku berusaha untuk memberikan manfaat bagi orang lain.

mungkin banyak di luar sana yang membantu orang lain dengan langsung turun ke jalan. aku mungkin hanya ingin berbeda. aku punya cara sendiri untuk membantu orang. aku ingin memanfaatkan ilmuku yang sedikit ini untuk berbagi. untuk kembali belajar lagi. untuk menggali ilmu - Mu. dan semakin aku berusaha menulis fiksi dan penelitian - penelitianku, aku semakin merasa kurang. aku kurang. sangat kurang. terlalu banyak kekuasan - Mu untuk kupelajari. aku akan mencoba.

rabb, tolong tuntun aku untuk berbagi dengan sesama. untuk mengubah manusia dan mengubha dunia lewat tulisanku.
karena aku hanya bisa melakukan ini. dengan fisik yang tak seberapa kuat, atau dengan kesehatan yang tak sebaik mereka. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar